Thursday 1 December 2011

Saung Angklung Udjo

Assalamualaikum Wr. Wb ..
Saung Angklung Udjo (SAU) merupakan sebuah corak kekayaan dunia yang terus memberi warna dan makna bagi kehidupan manusia. Terletak, di bagian timur kota Bandung, Saung Angklung Udjo (SAU) merupakan tempat dimana kita masih dapat merasakan kesegaran alam, kicauan burung dan kegembiraan anak-anak. SAU merupakan sebuah sanggar seni sebagai tempat pertunjukan seni, laboratorium dan tempat pelatihan seni budaya Sunda. SAU merupakan sebuah bukti bagaimana nilai budaya yang dipertahankan dapat membuahkan nilai manfaat yang beragam bagi masyarakat sekitar.yang terdiri dari :

Tempat pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan alat instrumen bambu. Hal tersebutlah yang menjadikan SAU sebagai pusat pendidikan dan penelitian angklung - seni dan kebudayaan sunda.

SAU Didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena (Alm.) beserta istri Uum Sumiati, sebagai sebuah sanggar seni dan pusat produksi Angklung. Kini SAU telah berkembang menjadi sebuah objek wisata budaya Jawa Barat.. Dengan kemauan dan dedikasi yang kuat untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya tradisional sunda.

SAU mengilustrasikan alam dan budaya dalam keharmonisan, tidak mengherankan SAU menjadi tujuan destinasi wisata kebudayaan sunda sebagai warisan cagar budaya dunia.

Saung Angklung Udjo merupakan sepenggal kisah bagaimana kekayaan budaya lokal masih dapat bertahan dan barakulturasi dengan desakan arus globalisasi. Terletak atas dasar semangat Udjo Ngalagena (1929-2001) untuk melestarikan kebudayaan Sunda.

Alunan Rumpun Bambu Saung Angklung Udjo adalah sketsa keindahan bumi Tatar Sunda. Gemerisik daun bambu menyapa telinga, mulai dari gerbang hingga pojok paling belakang; bambu dan bambu. Udara segar menghantar kita untuk merasakan suasana tradisi, menikmati alam dan keragaman jenis pohon bambu.


Keceriaan Anak-Anak Senyum dan aktivitas anak-anak adalah “ruh” dari Saung Angklung Udjo. Sejak tahun 1966 proses regenerasi seni tradisi dilakukan dengan cara bermain sambil belajar. Di setiap sudut, senyuman dan sapaan anak-anak akan menemani anda ketika mengenal suasana Saung Angklung Udjo.

Pusat Produksi Angklung Sebagai pusat produksi Angklung di Indonesia, SAU merupakan tempat untuk melihat dan belajar bagaimana sebatang bambu menjadi melodi yang merdu. Kenali dan ketahui proses khasanah kearifan lokal sebagai bagian dari melestarikan budaya tradisi.

Cinderamata yang ada di Toko Saung Angklung Udjo memiliki berbagai hasil kriya tangan terampil masyarakat Jawa Barat.

Pertunjukan Seni Budaya Pertunjukan Bambu Petang merupakan sebuah mahakarya Udjo Ngalagena yang masih dapat kita apresiasi hingga kini, dipentaskan setiap hari mulai pukul 15.30 wib. Pertunjukan ini merupakan pagelaran apik dari budaya tradisi Sunda.

Datanglah .. alami dan nikmati budaya khas Sunda di Saung Angklung Udjo ..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...